Membuat Domain Gratis co.cc untuk Blogspot & Setting Email Gratis co.cc


Sekarang ini udah banyak blogger yang menggunakan domain co.cc sebagiannya juga sudah mempunyai Email gratis dengan bantuan layanan google aps. Untuk co.cc sendiri memberikan layanan domain gratis meskipun banyak juga yang membayar (donate) dan memiliki layanan Domain Name Service (DNS) yang memungkinkan untuk penggunanya bisa memanfaatkan domain yang diperoleh sesuai dengan kebutuhannya termasuk setting email dengan domain kamu sendiri misalnya emailkamu@domainm.co.cc . untuk itu mari kita ikuti cara - cara di bawah ini.

Bikin Domain kamu dulu :
awal-awalnya adalah buka URL co.cc (Klik disini). Setelah itu lakukan check untuk domain co.cc yang ingin kalian gunakan.


Apabila setelah domain yang kalian inginkan tersedia lakukan pendaftaran/sign up bagi kalian tidak mempunyai account di co.cc (create new user), tapi kalau punya accountnya kalian bisa langsung sign in

Setelah kalian login maka ada pemberitahuan bahwa domain tadi sudah didaftarkan untuk kalian, namun apabila dalam 48 jam tidak di set up maka secara otomatis domain tersebut di batalkan.

Setelah kalian klik tombol setup maka kalian akan masuk ke halaman settup domain kalian, sampai disini kalian biarkan dulu halaman co.cc ini... Nah sekarang kalian buka layanan google aps (klik disini) untuk membuat email dengan domain kalian yang di co.cc . Setelah kalian masuk ke google aps Pilihlah Administrator: I Own Control this Domain setelah itu masukan domain yang kalian buat tadi dikolom enter your domain name lengkap dengan www nya, lalu klik Get Started.


Setelah itu kalian akan masuk ke dalam halaman setup isikan data kalian seperti yang diminta lalu klik continue..

Lalu kalian akan di bawa ke Step 3, pada tahap ini diminta username yang digunakan untuk mengakses email kalian(sebagai administrator) dan masukan pasword yang kalian inginkan Selanjutnya klik tombol I accept. Continue with set up.

Selanjutnya kalian akan memasuki halaman Dashboard Google Aps untuk domain yang tadi sudah kalian buat. Halaman ini dapat kalian akses melalui alamat https://www.google.com/a/domainmu.co.cc contohnya untuk domain t1to.co.cc menjadi https://www.google.com/a/t1to.co.cc. Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melakukan setup, dan yang pertama adalah melakukan verifikasi kepemilikan domain. lalu klik pada link Verify domain ownership (lihat gambar di bawah ini)

Setelah itu kalian memasuki halaman verifikasi kepemilikan domain. Disni ada dua metode yang dapat kalian pilih, namun untuk saat ini adalah keperluan penggunaan dengan domain Co.cc, di sini kalian pilih Change your CNAME record (pada kolom pilihan yang disediakan). Di sini kalian diberikan petunjuk untuk melakukan verifikasi dengan metode tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah nama CNAME yang harus dibuat untuk di setup di halaman co.cc yang kalian biarkan terbuka tadi. Sampai disini jangan kilk verify dulu, lalu copy lah point no 2 dan no 3. (lihat gambar di bawah ini)


Setelah itu masuklah kembali ke halaman co.cc yang kalian biarkan tadi, klik no.2 atau zone record, lalu Copy kan poin no.2 (yg di google aps) ke dalam kolom host ditambah .domainmu.co.cc pada add record kalian contoh nya googlebffffffffff05d2t440149b37t7.t1to.co.cc dan ubah menjadi CNAME pada kolom type/pri , Copy poin no.3 ke kolom value atau isikan google.com pada kolom value, setelah itu klik add record (lihat gambar di bawah ini)


Kemudian kalian ke halaman setup di Google Aps yang kalian biarkan terbuka tadi, sekarang kalian bisa klik tombol Verify. Kemudian kalian akan kembali ke halaman Dashboard dan mendapat pemberitahuan bahwa sedang dilakukan pengecekan kepemilikan domain dan ini bisa memakan waktu sampai 48 jam. Namun biasanya waktu yang diperlukan tidak selama itu, malahan saya hanya membutuhkan waktu 1 jam. Sambil menunggu, mari kita lanjutkan langkah yang dapat dilakukan berikutnya yaitu aktivasi email kalian. klik link Activate email pada bagian Service setting di Dashboard.


Pada halaman berikutnya ini, kalian akan diberikan petunjuk untuk membuat setup MX record pada pengaturan domain yang kalian miliki, dalam hal ini ada di co.cc. Di sini kalian diperlihatkan tabel yang berisi daftar MX server Address beserta nilai prioritasnya yang harus dimasukkan sebagai MX record. Yang harus kalian perhatikan adalah urutan prioritas ini telah diatur oleh Google, dan kita tidak diperbolehkan mengubah urutan prioritas server. Jika harus mengubah nilai ini, maka harus tetap menjaga urutan prioritas yang diberikan.

Sebelum kalian klik tombol yang ada, kembalilah ke halaman pengaturan domain co.cc terlebih dahulu. Lalu pada halaman pengaturan domain, kita akan menambahkan MX record dan prioritasnya sesuai yang diberikan oleh Google di atas. Untuk setiao record yang di input caranya sama. Untuk Host, masukan nama domain Anda, misalnya t1to.co.cc pada kolom Type/Pri pilih MX dan pada kolom Priority isi sesuai yang diberikan Google di atas, misalnya 10. Untuk Value masukkan MX server address-nya, misalnya ASPMX.L.GOOGLE.COM. Lalu kemudian kalian klik tombol Add Record.

Lakukan hal yang sama untuk record yang lainnya sampai selesai (lihat gambar di bawah ini)...

Jika sudah, kembali ke halaman Google Aps dan klik tombol I have completed these steps lalu kalian akan dibawa kembali ke Dashboard Google Aps.
Selanjutnya, pada Dasboard bagian Service settings, klik pada link Email. Pada halaman berikutnya, klik link Change URL. Pada halaman berikutnya, Anda dapat memilih untuk mengubah alamat akses email yang mungkin akan memudahkan pengguna mengingat alamat login ke email. Di sini misalnya untuk domain t1to.co.cc dibuatkan alamat akses http://mail.t1to.co.cc. Jika tidak dibuatkan, maka alamat untuk mengakses hanya http://mail.google.com/a/t1to.co.cc. Jika sudah, klik Continue.

Selanjutnya, kalian akan mendapat petunjuk lagi untuk menambahkan CNAME record untuk pengalamatan akses email kalian tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah point ke-3 dan ke-4.
Selanjutnya kalian kembalilah ke pengaturan domain co.cc untuk menambahkan CNAME record ini dengan cara yang sama ketika menambahkan CNAME record pada saat verifikasi kepemilikan domain. Di halaman pengaturan domain co.cc, masukkan alamat akses email pada bagian Host, misalnya mail.t1to.co.cc. Pada Type/Pri pilih CNAME dan untuk Value masukkan apa yang diberikan Google pada point ke-4 yaitu ghs.google.com. Selanjutnya klik Add record (lihat gambar di bawah ini). Lalu kembalilah ke halaman Google Aps, klik tombol I’ve completed these steps. Hal yang sama dapat diterapkan pula untuk mengubah alamat layanan lain yang diberikan Google Aps.


Lalu kembalilah ke Dashboard, coba kalian perhatikan status service yang Ada terutama Email. Kemungkinan pada saat ini statusnya masih Updating. Proses ini memerlukan waktu untuk updating meskipun tertulis sekitar 1 jam, tapi bisa saja lebih dari itu. Saat ini langkah-langkah setup Email sudah selesai, tinggal menunggu prosesnya untuk dapat di akses. Ketika proses selesai, Anda dapat mencobanya dengan mengakses http://mail.(domainmu).co.cc, dan jika sudah bisa, dapat dipastikan kalian saat ini sudah dapat menggunakannya.


Setting domain Blogspot ke domainmu di co.cc

Sambil menunggu proses updating email kalian mari kita setting alamat blog kalian ke domain yang kalian buat di co.cc untuk itu ikuti langkah-langkah selanjutnya dibawah ini :
Pertama - tama Login lah dulu ke blogger, setelah itu klik "pengaturan" dan klik lagi di pilihan "publikasikan". dihalaman publikasikan klik "berpindah ke domain custom" (lihat gambar di bawah ini)

Setelah pada bagian terbitkan pada domain khusus klik "beralih kepengaturan lanjut" (lihat gambar dibawah ini)

Setelah ke itu biarkan terlebih dahulu yang di halaman blogger... kembalilah dulu ke halaman co.cc masukan CNAME lagi... untuk Host isi dengan domain kamu misalnya www.t1to.com pada kolom type/pri pilih CNAME untuk value isi dengan ghs.google.com (lihat contoh dibawa)



Setelah itu kembali ke halaman blogger dan pada pengaturan lanjut masukan domain yang kalian buat tadi pada kolom domain anda setelah itu kalian save / simpan....


Nah selesai sudah langkah - langkah setup tersebut sekarang kalian tinggal menunggu proses updating / resolve domain kalian selesai, biasanya tertulis 1x48 jam namun biasanya juga tidak memerlukan waktu selama itu...
Selamat Saat ini kalian sudah mempunyai domain sendiri ditambah Email dengan domain anda sendiri.
SELAMAT MENCOBA

kecerdasan intelektual dan emosional


Ciri umum orang yang cerdas intelektual dan emosionalnya yaitu orang itu bisa sukses dalam kehidupan, sukses dalam pekerjaan, mampu bekerjasama dengan orang lain, mampu mengendalikan emosi, mampu mencari harta yang banyak dan berlimpah. Dia juga biasanya pintar menarik hati orang lain, bisa memahami sifat setiap orang dengan tepat, biasanya juga hafal nama-nama orang yang dikenalnya dan dia bias mengetahui kesenangan dan ketidaksukaan orang itu.
Orang yang cerdas emosional itu dalam tingkat yang positif bisa menjadi pemimpin yang baik, bisa menjadi Presiden yang baik, menjadi Menteri yang baik, bisa menjadi Gubernur yang baik, bisa menjadi Bupati yang baik, bisa menjadi Direktur yang baik dan sebagainya dan bisa kaya raya. Namun sebaliknya dia bisa menjadi orang yang negatif dan merugikan orang lain, artinya bisa memanipulasi orang, menipu orang bahkan masyarakat.
Cerdas Spiritual Beda Dengan Sikap Religius
Kecerdasan spiritual lebih sering diartikan rajin salat, rajin beribadah, rajin ke masjid, rajin ke gereja pokoknya yang menyangkut agama. Sampai saat ini kecerdasan spiritual masih banyak dipahami secara keliru. Kecerdasan spiritual itu artinhya kemampuan seseorang untuk memberi makna dalam kehidupan. Ada sebagian orang yang mengartikan kecerdasan spiritual itu sebagai kemampuan untuk tetap bahagia dalam situasi apapun tanpa tergantung kepada situasinya.
Kecerdasan spiritual itu menurut penelitian-penelitian di bidang neurology, punya tempat yang khusus di dalam otak. Ada bagian dari otak kita yang memiliki kemampuan untuk mengalami pengalaman-pengalaman spiritual, misalnya untuk memahami Tuhan, memahami sifat-sifat Tuhan. Maksudnya adalah menyadari kehadiran Tuhan di sekitar kita dan untuk memberi makna dalam kehidupan. Orang yang cerdas secara spiritual di antaranya bisa dilihat ciri-cirinya adalah bisa memberi makna dalam kehidupannya.
Kecerdasan spiritual mampu memahami makna dan nilai tertinggi kehidupan. Mampu mengetahui tujuan fundamental kehidupan. SQ menjawab pertanyaan : ‘siapa saya’ ; ‘untuk apa saya dilahirkan’ ; ‘mau kemana saya’. SQ mampu mengatur diri dan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Ada aliran baru di dalam psikologi yang mengetrapkan terapi yang baru terhadap orang depresi. Dahulu orang depresi diobati dengan obat anti depresi seperti prozak. Sekarang orang depresi disuruh bekerja sosial dan banyak beramal dan banyak menolong orang lain. Dengan menolong dan beramal, orang depresi bisa menemukan bahwa hidupnya bermakna. Orang depresi diajarin kecerdasan spiritual. Pelan-pelan orang mulai tahu bahwa orang yang cerdas spiritual itu bukan orang yang paling rajin salatnya, yang sering umroh, yang rajin ke gereja, rajin beribadah dan pandai memberi kotbah. Orang cerdas spiritualnya adalah orang yang senang membantu orang lain, mempunyai kemampuan empati yang tinggi, juga terhadap penderitaan orang lain, dan bisa memilih kebahagiaan dalam hidupnya.
Bahwa ciri orang yang cerdas spiritual itu di antaranya adalah senang berbuat baik, senang menolong orang lain, telah menemukan tujuan hidupnya, dia merasa memikul sebuah misi yang mulia, dia merasa terhubung dengan sumber kekuatan di alam semesta, dia merasa dilihat oleh Tuhan dan punya sense of humor yang baik.
Di Amerika, pelatihan-pelatihan kecerdasan spiritual sudah mulai populer dan ramai sekali. Orang Amerika merasa gersang hidupnya, walau harta yang dikumpulkan berlimpah, mereka tidak bisa menemukan kebahagiaan yang hakiki. Banyak orang Amerika mencari pelatihan kecerdasan spiritual agar mendapatkan kebahagiaan di dalam hidup.
Contohnya pada 27 Juni 2008, Gates mengundurkan diri dari sebagian besar jabatannya di Microsoft, dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan filantropis yang didirikannya, Yayasan Bill &Melinda Gates.
Menurut Forbes, harta kekayaan Bill Gate ditahun 2010 adalah USD 53 milyar, orang kaya peringkat no 2 didunia. Menurut Washington Post, 90% dari hartanya disumbangkan untuk mendanai kegiatan sosialnya. Luar biasa. (USD 53 milyar = Rp 477 trilliun)

Berhubung lagi musim bola nih,jadi gak ada salah nya blog  berita hari ini untuk ikut ikutan nulis tentang Jadwal Piala Dunia 2010 .Nah bukan tidak mungkin sekali sudah banyak diantaranya para blogger,khususnya para blogger matre atau istilah blogger pemain seo,sudah banyak yang menuliskan Jadwal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan secara  Lengkap,Namun rasanya kalau tidak menuliskan jadwal ini,tangan saya gatal bos..
Nah langsungsung saja lihat Jadwal World Cup 2010 Afrika selatan.



TV Tgl Hari Waktu Level Venue Match
RCTI/Global 11/06/10 Jumat 21:00 Grup A Soccer City Afsel vs Meksiko
RCTI 12/06/10 Sabtu 01:30 Grup A Green Point Uruguay vs Prancis
RCTI 12/06/10 Sabtu 18:30 Grup B Mandela Bay Korsel vs Yunani
RCTI 12/06/10 Sabtu 21:00 Grup B Ellis Park Argentina vs Nigeria
RCTI 13/06/10 Minggu 01:30 Grup C Bafokeng Inggris vs Amerika
Global 13/06/10 Minggu 18:30 Grup C Mokaba Aljazair vs Slovenia
RCTI 13/06/10 Minggu 21:00 Grup D Versfeld Serbia vs Ghana
RCTI 14/06/10 Senin 01:30 Grup D Moses Jerman vs Australia
Global 14/06/10 Senin 18:30 Grup E Soccer City Belanda vs Denmark
RCTI 14/06/10 Senin 21:00 Grup E Free State Jepang vs Kamerun
RCTI 15/06/10 Selasa 01:30 Grup F Green Point Italia vs Paraguay
Global 15/06/10 Selasa 18:30 Grup F Bafokeng Selandia Baru vs Slovakia
RCTI 15/06/10 Selasa 21:00 Grup G Mandela Bay Pantai Gading vs Portugal
RCTI 16/06/10 Rabu 01:30 Grup G Ellis Park Brasil vs Korut
Global 16/06/10 Rabu 18:30 Grup H Mbombela Honduras vs Chile
RCTI 16/06/10 Rabu 21:00 Grup H Moses Spanyol vs Swiss
RCTI 17/06/10 Kamis 01:30 Grup A Versfeld Afsel vs Uruguay
Global 17/06/10 Kamis 18:30 Grup B Soccer City Argentina vs Korsel
RCTI 17/06/10 Kamis 21:00 Grup B Free State Yunani vs Nigeria
RCTI 18/06/10 Jumat 01:30 Grup A Mokaba Prancis vs Meksiko
Global 18/06/10 Jumat 18:30 Grup D Mandela Bay Jerman vs Serbia
RCTI 18/06/10 Jumat 21:00 Grup C Ellis Park Slovenia vs Amerika
RCTI 19/06/10 Sabtu 01:30 Grup C Green Point Inggris vs Aljazair
Global 19/06/10 Sabtu 18:30 Grup E Moses Belanda vs Jepang
RCTI 19/06/10 Sabtu 21:00 Grup D Bafokeng Ghana vs Australia
RCTI 20/06/10 Minggu 01:30 Grup E Versfeld Kamerun vs Denmark
Global 20/06/10 Minggu 18:30 Grup F Free State Slovakia vs Paraguay
RCTI 20/06/10 Minggu 21:00 Grup F Mbombela Italia vs Selandia Baru
RCTI 21/06/10 Senin 01:30 Grup G Soccer City Brasil vs Pantai Gading
Global 21/06/10 Senin 18:30 Grup G Green Point Portugal vs Korut
RCTI 21/06/10 Senin 21:00 Grup H Mandela Bay Chile vs Swiss
RCTI 22/06/10 Selasa 01:30 Grup H Ellis Park Spanyol vs Honduras
Global 22/06/10 Selasa 21:00 Grup A Bafokeng Meksiko vs Uruguay
RCTI 22/06/10 Selasa 21:00 Grup A Free State Prancis vs Afsel
Global 23/06/10 Rabu 01:30 Grup B Moses Nigeria vs Korsel
RCTI 23/06/10 Rabu 01:30 Grup B Mokaba Yunani vs Argentina
RCTI 23/06/10 Rabu 21:00 Grup C Mandela Bay Slovenia vs Inggris
Global 23/06/10 Rabu 21:00 Grup C Versfeld Amerika vs Aljazair
RCTI 24/06/10 Kamis 01:30 Grup D Soccer City Ghana vs Jerman
Global 24/06/10 Kamis 01:30 Grup D Mbombela Australia vs Serbia
RCTI 24/06/10 Kamis 21:00 Grup F Ellis Park Slovakia vs Italia
Global 24/06/10 Kamis 21:00 Grup F Mokaba Paraguay vs Selandia Baru
Global 25/06/10 Jumat 01:30 Grup E Bafokeng Denmark vs Jepang
RCTI 25/06/10 Jumat 01:30 Grup E Green Point Kamerun vs Belanda
Global 25/06/10 Jumat 21:00 Grup G Mbombela Korut vs Pantai Gading
RCTI 25/06/10 Jumat 21:00 Grup G Moses Portugal vs Brasil
Global 26/06/10 Sabtu 01:30 Grup H Free State Swiss vs Honduras
RCTI 26/06/10 Sabtu 01:30 Grup H Versfeld Chile vs Spain

26/06/10 Sabtu 21:00 16 besar Mandela Bay 1A vs 2B

27/06/10 Minggu 01:30 16 besar Bafokeng 1C vs 2D

27/06/10 Minggu 21:00 16 besar Free State 1D vs 2C

28/06/10 Senin 01:30 16 besar Soccer City 1B vs 2A

28/06/10 Senin 21:00 16 besar Moses 1E vs 2F

29/06/10 Selasa 01:30 16 besar Ellis Park 1G vs 2H

29/06/10 Selasa 21:00 16 besar Versfeld 1F vs 2E

30/06/10 Rabu 01:30 16 besar Green Point 1H vs 2G

02/07/10 Jumat 21:00 1/4 final Mandela Bay winner 53 vs winner 54

03/07/10 Sabtu 01:30 1/4 final Soccer City winner 49 vs winner 50

03/07/10 Sabtu 21:00 1/4 final Green Point winner 52 vs winner 51

04/07/10 Minggu 01:30 1/4 final Ellis Park winner 55 vs winner 56

07/07/10 Rabu 01:30 Semifinal Green Point winner 58 vs winner 57

08/07/10 Kamis 01:30 Semifinal Moses winner 59 vs winner 60

11/07/10 Minggu 01:30 Juara 3 Mandela Bay loser 61 vs loser 62

12/07/10 Senin 01:30 Final Soccer City winner 61 vs winner 62

Streaming Video

Menggunakan Bywifi Video Accelerator



Untuk tugas mata kuliah Jaringan komputer lanjut, kali ini saya mengambil materi pembahasan mengenai streaming video yang merupakan salah satu bentuk dari jaringan multimedia.
Sebelumnya kita ketahui dulu, apa itu streaming video (video streaming). Pada umumnya video streaming itu sama dengan video biasa, tapi untuk melihatnya kita harus online (secara live melalui Internet). Jadi karena hal tersebut, video streaming juga sering disebut sebagai video online.
proses video streaming
Gambar 1. Proses Video Streaming
Atau dengan kata lain, dari proses alur video streaming di atas dapat kita ketahui bahwa video streaming merupakan suatu teknologi penyampaian file video dari server lain tanpa perlu menunggu sampai proses download selesai ataupun menyimpan file tersebut ke dalam komputer client (users) terlebih dulu untuk bisa ditayangkan.
Untuk meyampaikan file streaming kita memerlukan protokol khusus yang mendukung proses ini yaitu protokol RTSP (Real-Time Streaming Protokol). RTSP ini memiliki status continue, artinya kita dapat melakukan penghentian sementara (pause) dan kembali melanjutkan pengiriman data berdasarkan status tersebut saat kita melanjutkan kembali (play) penayangan video.
Sistem video streaming melibatkan proses encoding terhadap isi dari data video, dan kemudian mentransmisikan video stream melalui suatu jaringan (wired ataupun wireless), sehingga client tujuan dapat mengakses, melakukan decoding, dan memunculkan video tersebut secara real-time.
Beberapa penyedia video streaming yang sudah banyak dikunjungi antara lain yaitu youtube, metacafe, break, daily motion, dan lain-lain. Tapi yang paling sering saya kunjungi,,, pastinya youtube ^^..
gabung3
Gambar 2. Penyedia Video Streaming
Jika kita menonton sebuah video dari suatu penyedia video streaming tersebut, terkadang kita merasa terganggu oleh proses loading atau berhenti untuk beberapa saat yang bisa saja terjadi berkali-kali dalam sekali pemutaran video. Kejadian tersebut dinamakan buffering. Buffering merupakan proses penyimpanan data pada suatu area memori pada saat data sedang dipindahkan antara dua device atau antara device dan aplikasi. Hmm…tapi kalau prosesnya lama kan jenuh jg..^^
Dan untuk menghindari hal tersebut, saya mencoba mengikuti saran untuk menggunakan Bywifi Video Accelerator yang bisa mempercepat dalam melakukan transcode bit-rate video streaming 3 bahkan sampai 5 kali lebih cepat dibanding bit-rate awal.
ByWifyBywifi Video Accelerator (Download)
Setelah saya install, dan saya coba pemakaiannya dengan memutar video dari Metacafe (pada Gambar.2), ternyata hasil pemutaran video-nya lebih mulus tanpa banyak proses buferring..
twLghtvDeo
Gambar.3 Proses pemutaran video dengan Bywifi Video Accelerator
nilai HTTP BitRate dan BitRate akan berubah-ubah dengan jalannya byte yang sama antara keduanya hingga proses selesai 100%.
Kurang terasanya manfaat dari Bywifi Video Accelerator ini, mungkin disebabkan oleh koneksi internet kita yang speed-nya tidak lebih dari 153kb/s, karena peran dari software ini adalah hanya untuk mengoptimalisasi koneksi internet dalam menampilkan video streaming.
Cara menggunakan Bywifi Video Accelerator :
  • Pastikan kita sudah menginstall Bywifi Video Accelerator yang bisa didapat secara gratis ke dalam PC kita.
  • Setelah proses install selesai, maka akan muncul icon Bywifi Video Accelerator baik di desktop ataupun di system tray PC kita. system tray
  • Dan untuk memulai pemakaiannya, kita buka browser dan menuju salah satu situs penyedia video streaming. Kemudian cari video kesayangan anda yang akan diputar.
  • Setelah video mulai dimainkan, klik klik 2x pada icon Bywifi Video Accelerator di desktop atau yang ada di system tray. Video pun akan langsung diputar tanpa banyak terganggu oleh proses Buffering.
Hmmm… kini menonton video dapat lebih nyaman dan tidak menjenuhkan ^^…
Smoga bermanfaat,,Slamat mencoba..
Referensi :

MENGHITUNG HEMATOKRIT



Quantcast


-
Nilai hematokrit adalah volume semua eritrosit dalam 100 mL darah dan disebut dengan persen (%) dari volume darah tersebut. Biasanya nilai hematokrit ini ditentukan dengan menggunakan darah vena atau darah kapiler. Ada 2 (dua) cara dalam menentukan nilai hematokrit, yaitu :
-
A. MAKROMETODE (MENURUT WINTROBE)
  1. Isilah tabung Wintrobe dengan darah antikoagulan oxalat, heparin, atau EDTA sampai garis tanda 100 di atas.
  2. Masukkan tabung tersebut ke dalam sentrifuge (pemusing) yang cukup besar, pusinglah selama 30 menit dengan kecepatan 3000 rpm.
  3. Bacalah hasilnya denan memperhatikan :

  • Warna plasma di atas : warna kuning itu dapat dibandingkan dengan larutan kaliumbicarbonat dan intensitasnya disebut dengan satuan. Satu satuan sesuai dengan warna kaliumbicarbonat 1 : 10000.
  • Tebalnya lapisan putih di atas sel-sel merah yang tersusun dari leukosit dan trombosit (buffy coat)
  • Volume sel-sel darah merah
-
B. MIKROMETODE
  1. Isilah tabung mikrokapiler yang khusus dibuat untuk penetapan nilai hematokrit mikrometode dengan darah.
  2. Tutuplah salah satu ujungnya dengan membakarnya dengan nyala api atau dapat juga digunakan bahan penutup khusus.
  3. Masukkanlah tabung mikrokapiler tersebut kedalam sentrifuge khusus yang dapat mencapai kecepatan besar, yaitu lebih dari 16000 rpm (sentrifuge mikrohematokrit)
  4. Pusinglah selama 3-5 menit
  5. Kemudian nilai hematokrit dengan menggunkan grafik atau alat khusus
Gambar 1. Pengambilan darah kapiler
Gambar 2. Mikrokapiler dengan darah yang telah dipusing
-
Gambar 3. Penetapan nilai hematokrit
-
Catatan :
  • Pada kolom hematokrit yang didapat dengan memusing darah ditentukan oleh faktor : radius sentrifuge, kecepatan sentrifuge, dan lama pemusingan. Dalam sentrifuge yang cukup besar, dengan menggunakan metode makrometode dicapai kekuatan pelantingan (relative centrifugal force) sebesar 2260 g. untuk memadatkan sel-sel merah dengan memakai sentifuge itu diperlukan rata-rata 30 menit.
  • Sentrifuge mikrohematokrit mencapai kecepatan pemusingan yang jauh lebih tinggi, maka dari itu lama pemusingannya diperpendek.
  • Tabung mikrokapiler yang dibuat khusus untuk penentuan nilai hematokrit menggunakan metode mikrometode berukuran panjangnya 75 mm, dan diameter 1,2 sampai 1,5 mm, ada tabung yang telah dilapisi dengan heparin, maka tabung tersebut dapat digunakan untuk darah kapiler, dan ada tabung yang tanpa heparing yang digunakan untuk darah vena dengan oxalate, heparin atau EDTA.
  • Nilai hematokrit disebut dengan %, nilai normal untuk laki-laki 40-48 vol%, dan untuk perempuan 37-43 vol%
  • Mikrometode lebih banyak digunakan dibandingkan dengan makrometode karena lebih dapat menentukan hasil dalam waktu lebih singkat.

——————————————————————————-
Rujukan
  • R. Gandasoebrata. Penuntun Laboratorium Klinik. Jakarta : Dian Rakyat. 2007.
  • Carman. Hematology: Micro-Hematocrit, Hemoglobin and WBC Differential. Diunduh dari : http://www.drcarman.info/bi224lab/bludlab.pdf
  • Gary Ritchson. Haematocrit. Diunduh dari : http://people.eku.edu/ritchisong/homepage.htm

SEDIAN APUS DARAH TEPI


semoga posting ini bermanfaat bagi teman2 semua. amin.
Sedian apus darah tepi (A peripheral blood smear / peripheral blood film) merupakan slide untuk mikroskop (kaca objek) yang pada salah satu sisinya di lapisi dengan lapisan tipis darah vena yang diwarnai dengan pewarnaan (biasanya Giemsa, Wright) dan diperiksa di bawah/ dengan menggunakan mikroskop.
Persiapan dan langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
Yang digunakan adalah teknik slide dorong (push slide) yang pertama kali diperkenalkan oleh Maxwell Wintrobe dan menjadi metoda standar untuk sedian apus darah tepi. Prosedurnya dapat dilihat pada gambar berikut :
Files_of_DrsMed_Membuat_Sediaan_apus_darah_Tepi
Gambar 1. Langkah pembuatan sedian apus darah tepi
Sedian apus yang baik adalah yang ketebalannya cukup dan bergradari dari kepala (awal) sampai ke ekor (akhir). Zona morfologi sebaiknya paling kurang 2 cm.
Files_of_DrsMed_Zona_sediaan Apus
Gambar 2. Zona pemeriksaan sedian apus darah tepi
GAMBARAN HASIL PADA MIKROSKOP
Setelah selesai pewarnaan maka sediaan apus dapat dilihat pada mikroskop. Jika sedian yang dibuat tersebut baik maka akan dapat dilihat gambaran sebagai berikut :
Files_of_DrsMed_Kromasi_eritrosit
Gambar 3. Kelainan Kromasi dan Ukuran eritrosit
Gambar kiri adalah gambaran normal (normositik normokrom), gambar kanan adalah gambaran abnormal (hipokrom mikrositer) dan gambar di bawah adalah gambaran eritrosit makrositer.
Dapat juga ditemukan gambaran varian eritrosit (yang merupakan keadaan abnormal) sebagai berikut :
Files_of_DrsMed_Kelainan_morfologi_eritrosit
Gambar 4. Kelainan morfologi eritrosit
Berikut beberapa kelainan morfologi pada kasus-kasus tertentu mungkin dapat ditemui :
Files_of_DrsMed_Morfologi_sel_darah_pada_penyakit_tertentu
Gamber 5. Kelainan morfologi sel darah pada penyakit tertentu

Sumber : VCU Department of Pathology, About.com
Teknologi Streaming

Sering ada pertanyaan... Apa sich streaming ?? Jika kita membuka kamus, maka streaming bisa berarti pengaliran atau mengalirkan sesuatu.... tapi bukan itu yang akan kita bahas. Dalam dunia Internet, streaming lebih mengacu kepada teknologi yang dapat mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video supaya menjadi lebih kecil dan lebih mudah ditransfer melalui jaringan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara "stream", alias terus-menerus. Jika kita melihat dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client dengan melalui jaringan packet-based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time-stamped yang disebut stream.

Sekarang, coba kita lihat dari sudut pandang user... streaming adalah teknologi yang memungkinkan suatu file dapat segera dijalankan tanpa harus menunggu selesai didownload seluruhnya dan terus "mengalir"(stream gitu loh!) tanpa adanya gangguan. Dulu, sebelum teknologi streaming diperkenalkan secara luas, kita harus men-download secara utuh file audio atau video sebelum dapat kita dengar atau tonton di komputer kita. Sekedar contoh, jika sebuah file video besarnya adalah 10 Mb, maka kita kita memerlukan sekitar 15 menit jika menggunakan akses Internet dengan kecepatan 56 KBps.

Padahal, menurut beberapa survey(beneran ada!), batas kesabaran rata-rata pengguna Internet untuk menunggu ditampilkannya sesuatu yang diakses hanyalah 8 detik saja!! Lebih dari itu, mereka akan meninggalkan situs tersebut. Kita lihat contoh lagi... Pada Februari 1999, Lucasfilm meluncurkan potongan film (trailer) Star Wars di situsnya. Besar file trailer tersebut adalah 50 Mb! Trafik dan antrian pendownload saat itu benar-benar sangat tinggi hingga 48 jam ke depan.

Sayangnya, file tersebut belum menggunakan teknologi streaming, sehingga kebanyakan orang yang tidak dapat men-download secara sempurna file tersebut dan akhirnya sama sekali tidak dapat menikmati trailer tersebut. Kini dengan semakin luasnya penggunaan teknologi streaming, maka kendala-kendala tersebut di atas sudah dapat diatasi.

Nah...sebenarnya file apa saja sih yang bisa di-streaming-kan? Semua jenis file sebenarnya bisa. Baik file audio, video, image, text, data 3D, software, dan sebagainya. Tetapi streaming sejatinya, lebih mengacu kepada time-based media, khususnya audio dan video, yang harus dapat dinikmati sesegera mungkin dan pada berdasarkan pewaktuan yang tepat, karena untuk dapat menikmati lagu atau film, haruslah dimainkan secara berurutan dari awal hingga akhir (sequensial) tanpa terputus-putus (uninterrupted). Salah satu aplikasi yang sangat akrab dengan teknologi streaming adalah aplikasi Internet broadcasting, yaitu penyiaran audio ataupun video yang berbasis Internet Protocol (IP).


Internet Broadcasting.



Penggunaan teknologi streaming pada Internet broadcasting ini dapat memungkinkan stasiun radio dan/atau televisi melakukan broadcasting(siaran) menggunakan jalur Internet. Ada dua jenis layanan yang dapat disuguhkan oleh Internet broadcasting ini, yaitu on-demand dan live. Untuk yang on-demand, biasanya adalah broadcasting yang menyiarkan file media yang telah direkam sebelumnya. Stasiun televisi Indonesia yang sudah menggunakan teknologi Internet broadcasting on-demand adalah SCTV. SCTV menyediakan siaran ulang acara berita Liputan 6 yang dapat disaksikan di situs http://www.liputan6.com. Untuk stasiun radio yang on-demand misalnya siaran radio BBC edisi bahasa Indonesia yang dapat didengar di situs http://www.bbc.co.uk/indonesian.

Untuk Internet broadcasting yang live, atau dikenal juga dengan istilah livecasting, yaitu menyiarkan suatu file media saat itu juga ketika suatu kejadian tengah berlangsung (real time). Salah satu stasiun radio Indonesia yang menggunakan teknologi livecasting ini misalnya radio Elshinta Jakarta, yang siarannya dapat didengar melalui situs pnm://elshinta.indosat.net.id/live.ra. Sedangkan untuk stasiun televisi di Indonesia, belum ada yang melakukan livecasting, kecuali untuk satu-dua acara tertentu saja yang sifatnya insidentil. Masalah utamanya terletak pada kesiapan infrastruktur Internet di Indonesia, karena livecasting ini memerlukan jaringan Internet dengan bandwidth dan kecepatan yang memadai.

Di luar negeri, khususnya di Amerika, livecasting ini bahkan sudah menjadi satu industri hiburan tersendiri. Misalnya seperti yang ditawarkan oleh situs http://www.liveconcerts.com dan www.liveonthenet.com.

Secara teknis, Internet broadcasting yang menggunakan teknologi streaming ini terbagi atas dua jenis, yaitu unicasting dan multicasting. Terkadang kita rancu antara istilah broadcasting, unicasting dan multicasting.

Broadcasting dalam keseharian (non Internet) sebenarnya adalah proses pengiriman data dari satu titik ke banyak titik, seperti kita mengirimkan sebuah e-mail ke mailing-list, setiap titik (anggota mailing-list) mau tidak mau akan menerima e-mail kita. Proses broadcasting ini berlaku pada pemancaran siaran radio atau televisi melalui gelombang udara (frekuensi) tertentu yang sebenarnya semua frekuensi tersebut diterima oleh antena pesawat penerima kita. Tinggal kita memilih frekuensi mana yang akan kita dengarkan (tuning).

Sedangkan unicasting adalah proses pengiriman data dari satu titik ke satu titik yang lainnya, dan non real time sebagaimana layaknya layanan dasar berbasis IP. Proses unicasting seperti kita mengirimkan e-mail yang isinya sama secara satu per satu ke rekan kita. Dengan unicasting, sebuah file media yang telah dibuat, kita simpan dahulu di sebuah media penyimpanan. Jika ada pengguna Internet yang ingin menikmati file media tersebut, maka file tersebut akan di-streaming-kan terlebih dahulu oleh sebuah streaming server sebelum disajikan ke komputer pengguna tersebut. Proses penyampaian file media dari media penyimpanan hingga ke komputer pengguna tersebut terjadi berulang-ulang, tergantung berapa banyak orang yang ingin menikmati file tersebut. Untuk itulah maka unicast cocok untuk Internet broadcasting yang non real time dan on-demand.

Lalu multicasting adalah proses pengiriman data dari satu titik ke banyak titik yang merupakan bagian dari satu grup tertentu dan yang memang menginginkan data tersebut, seperti apabila kita mengirimkan sebuah e-mail ke suatu mailing-list kelompok kerja yang terbatas. Multicasting ini real time dan saling berbagi rute antar titik untuk menuju ke titik tujuan yang beragam tersebut. Dengan multicasting, file media yang tengah kita buat langsung dibawa ke streaming server untuk di-streaming-kan dan hasilnya langsung disalurkan saat itu juga ke satu titik tertentu untuk disebarkan. Proses penyampaian file media dari proses pembuatan hingga ke komputer pengguna tersebut hanya terjadi sekali saja, yaitu saat file media tersebut dibuat untuk pertama kalinya. Untuk itulah maka multicast cocok untuk Internet broadcasting yang real time dan live (livecasting).


Streaming Interaktif.

Streaming interaktif adalah hal yang terus menjadi perhatian dan dikembangkan oleh industri Internet. Pasalnya, streaming interaktif tersebut meningkatkan keterlibatan pengguna Internet dalam berkomunikasi dengan pengguna Internet lainnya. Apa sebenarnya streaming interaktif tersebut? Jika kita menggunakan teknologi Internet broadcasting, unicast (on-demand / non real time) maupun multicast (live / real time), kita hanya dapat duduk, menyaksikan dan mendengarkan saja di depan monitor kita. Internet broadcasting sama seperti apabila kita menonton TV atau mendengarkan radio yang merupakan komunikasi satu arah.

Dengan streaming interaktif, kedua belah pihak dapat sama-sama menerima dan mengirimkan informasi pada saat yang bersamaan (real time dan live) tanpa harus disimpan dahulu ke media penyimpanan atau dibawa ke streaming server. Kedua belah pihak yang melakukan streaming interaktif tersebut tidak harus sama-sama menggunakan gambar dan suara seperti Internet video conference. Bisa jadi hanya satu pihak yang menyiarkan gambar dan suara, sedangkan pihak yang lainnya hanya merespon atau menjawab melalui suara ataupun teks biasa yang diketikkan. Software semisal ICQ dan Yahoo! Messenger adalah aplikasi chat yang berbasis pada teks streaming.

Streaming interaktif sendiri terdiri atas 2 jenis, yaitu two-way dan multi-directional. Untuk two-way adalah interaksi 1-to-1 melalui Internet. Pasca kejadian teroris 11 September 2001 di New York dan Washington, banyak para pebisnis yang memasang Internet video conference di kantornya untuk menyelenggarakan rapat dengan kantor lainnya di tempat yang jauh terpisah. Hal tersebut tentunya merupakan penghematan waktu dan biaya perjalanan. Mark Plus Indonesia juga kerap melakukan Internet video conference dengan pakar marketing di luar negeri ketika mengadakan seminar-seminar marketing.

Sedangkan multi-directional, adalah interaksi one-to-many atau many-to-many. Contohnya adalah semisal tayangan debat politik melalui Internet broadcasting yang memungkinkan para pemirsanya pada saat itu secara langsung dapat mengajukan pertanyaan melalui audio ataupun teks. Ketika peluncuran situs Liputan6.com beberapa tahun silam, diadakan diskusi mengenai media massa berbasis Internet yang menghadirkan beberapa pemimpin redaksi. Diskusi tersebut di-streaming-kan dan disiarkan secara live dan real-time melalui situs Liputan6.com tersebut. Para pemirsa diskusi tersebut dapat mengajukan pertanyaan maupun komentar kepada para nara sumber diskusi tersebut melalui teks di chat room yang disediakan oleh pihak SCTV.


Format Streaming.

Hingga kini setidaknya ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan di situs-situs Internet. Format tersebut adalah keluaran Real Media (.rm / .ra / .ram), Windows Media (.asf / .wmf / .asx) dan QuickTime (.mov). Masing-masing format tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Format Real Media dan Windows Media sangat handal di proses streaming, tetapi tidak terlalu handal untuk proses editing dan playback lokal. Sedangkan format QuickTime rata-rata cukup handal untuk proses streaming, editing dan playback lokal. Untuk diketahui, QuickTime merupakan format streaming yang paling lama umurnya, yaitu sejak 1991.

Ketiga format tersebut membutuhkan semacam player atau plug-in yang terinstal di komputer client agar dapat menikmati streaming yang ditawarkan suatu situs. Tentu saja, ketiga format tersebut tidak saling kompatibel dengan player yang bukan peruntukkannya. Biasanya di sebuah komputer akan terinstal tiga player sekaligus, karena setiap situs di Internet belum tentu memilih format streaming yang digunakannya. Untuk player Real Player, bisa di download di http://www.real.com/player, Windows Media di http://www.windowsmedia.com dan QuickTime di http://www.apple.com/quicktime.


CODEC.

CODEC adalah kependekan dari compression/decompression. Codec, dalam konteks streaming, adalah suatu metode atau algoritma yang terdapat pada sebuah streaming player yang fungsinya adalah untuk melakukan proses pengkompresan dan pengdekompresan file media streaming. Bayangkanlah sebuah file media (audio atau video) bagaikan sepotong roti. Volume roti tersebut tentunya banyak memakan tempat, karena ciri fisik dari roti tersebut tidaklah padat.

Jika kita meremas roti tersebut, maka berat atau isi dari roti tersebut tetaplah sama, tetapi volumenya telah banyak berkurang. Fungsi CODEC pada file media tidak jauh berbeda dengan proses peremasan pada roti tersebut. CODEC meremas (mengkompresi) file media tersebut agar ukurannya dapat diperkecil, lalu file tersebut distreaming dan dibroadcast melalui Internet. Setelah sampai ke komputer client, file tersebut kemudian didekompres ke ukuran asal untuk dapat didengarkan atau ditonton. Proses ini memungkinkan kita untuk dapat menikmati media streaming dengan lebih cepat.

Ilmu CODEC adalah sebuah seni digital. Banyak hal yang harus dipertimbangkan jika kita ingin melakukan proses kompresi-dekompresi file media. Sekedar contoh, semakin besar file media kita, maka akan semakin besar pula ukuran file tersebut. Semakin kita melakukan kompresi file tersebut, maka akan semakin berkurang pula kualitas file tersebut ketika dinikmati kembali. Untuk file video, semakin sedikit kecil kita menentukan frame per second (fps), maka gambar yang dihasilkan akan patah-patah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita akan sering temui bahwa ukuran layar video streaming relatif lebih kecil ketimbang ukuran monitor kita.

Hal tersebut adalah untuk mengimbangi dengan kompresi yang dilakukan dengan kualitas video yang dihasilkan agar tidak patah-patah. Sekedar informasi, Windows media menggunakan varian dari MP4 Codec, Real Network menggunakan Intel based Codec dan QuickTime menggunakan Sorenson based Codec. Masih banyak CODEC lain yang dimiliki dan digunakan oleh pihak-pihak tertentu. Pada Agustus 1999, kode MPEG-4 (MP4) menjadi open source. MP4 tersebut pada awalnya digunakan untuk melakukan ripping (pengkopian) DVD, karena merupakan CODEC yang fleksibel dengan teknik kompresi yang handal.


Bandwidth.

Bagi dunia percaturan streaming, bandwidth merupakan raja yang memegang peran kunci. Soalnya, agar sebuah file media yang di-streaming dan di-broadcast dapat kita nikmati sebagaimana mestinya, akses Internet kita haruslah memiliki bandwidth yang memadai. Bukan sekedar dari tipe akses yang kita gunakan, apakah 56,6 Kbps, leased line ataupun Internet cable, tapi juga bandwidth antara Internet Service Provider (ISP) kita ke server streaming yang kita tuju. Anggaplah ukuran awal sebuah file video per frame-nya adalah sebesar 75 Kb. File tersebut berhasil dikompresi hingga 25 Kb.

Jika akses Internet kita hanya 56,6 Kbps, maka kita hanya dapat menikmati 2 frame per detik (frames per second - fps). Tetapi 56,6 Kbps itu adalah kondisi ideal. Seringkali yang kita dapatkan ternyata di bawah itu. Sehingga kita hanya bisa menikmati 1 fps saja. 1 fps dengan kualitas yang sudah direduksi sebesar 50 Kb, mungkin tidak akan menghasilkan kualitas gambar yang kita harapkan. Itulah mengapa dalam bisnis streaming, bandwidth adalah raja. Dari sisi kita pengguna Internet, tidak mudah mendapatkan kepuasan menikmati streaming yang berkualitas apabila bandwidth dan kecepatan akses Internet kita kecil.

Dari sisi penyedia hiburan berbasis streaming, tentu memerlukan dana yang cukup besar untuk menyewa bandwidth. Karena baik untuk unicast maupun multicast, keduanya membutuhkan bandwidth yang besar, tergantung kepada besarnya file media yang di-streaming dan di-broadcast serta banyaknya titik yang dituju. Data yang ditransmisikan dari server kita ke Internet bisa ratusan Mbps. Semakin besar Mbps-nya, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Beberapa situs yang menawarkan video streaming adalah: http://realguide.real.com, www.sputnik7.com , www.adcritic.com , www.atomfilms.com dan www.bigstar.com.

Sumbernya dari:
http://free.vlsm.org/v17/com/ictwatch/paper/paper018.htm

Teknologi Komputer Terbaru 2010


Ini lah beberapa teknologi komputer yang akan dirilis tahun 2010 mendatang, jika dilihat dari bentuk dan kecanggihannya memang teknologi yang akan datang di tabhun 2010 benar – benar sangat fantastis. TriBook dengan tiga konsep layar ultra lebar yaitu 21? lebar layar. Ia juga memiliki sebuah 8x SuperDrive, 1TB harddisk, dan MacBook Pro-calibre CPU, plus sebuah keyboard multitouch trackpad
Teknologi Komputer
Generasi laptop masa depan … dibuat oleh industri desainer Jerman Felix Schmidberger, model classy, elegan, futuristik laptop yang menggunakan OLED touchscreen

Komputer 2010
Barangkali lebih tepat disebut Paper PC karena bentuknya yang seperti lembaran kertas berupa layar sebagai antar muka dan dilengkapi pena untuk mengoperasikannya dengan cara touch screen. Didesain oleh Avery Holleman
Komputer Canggih
Laptop yang mempunyai dua layar dengan desain mirip buku, saya lebih suka kalau barang itu disebut Digital Book. Prototipe dari XO-2 dan One Laptop Per Child (OLPC)
Teknologi Komputer 2010
 
JAGOAN © 2011 | Designed by Chica Blogger, in collaboration with Uncharted 3, MW3 Forum and Angry Birds Online